Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Memiliki anak dengan autisme bukanlah pilihan dan kehendak anak, orangtua, bukan pula permintaan kita kepada Tuhan, tapi sebuah kehendak dari Tuhan yang artinya ayah bunda yang memiliki anak dengan autisme merupakan orangtua pilihan dari Tuhan. Oleh karena sudah dipilih, maka sebagai orangtua dari anak dengan autisme sudah sepatutnya kita bangga dan bersyukur karena dipilih khusus oleh Tuhan untuk mendampingi anak-anak berkebutuhan khusus. Memang terkadang mengasuh dan mendidik anak dengan kebutuhan khusus memiliki tantangan yang lebih ekstra dibandingkan dengan orangtua lainnya. Namun kenyatannya tidak semua orangtua dapat bertahan dan sabar dalam mengasuh anak dengan autisme. Diperlukan kesiapan mental, kesabaran dalam mengasuh dan mendidik anak dengan autisme, ditambah lagi masih adanya stigma di lingkungan masyarakat berupa perkataan – perkataan miring ataupun tindakan diskriminatif terhadap kondisi anak dengan autisme yang di anggap berbeda dari anak lainnya. Berikut beberapa tips menjadi orangtua hebat bagi anak dengan autisme:

  1. Menerima Kondisi Anak

Menerima kondisi anak sepenuhnya merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan orangtua agar dapat menjadi orangtua hebat bagi ananda. Menerima segala kondisi anak, mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang dimiliki anak akan membuat kita menjadi ikhlas dan sepenuh hati dalam mengasuh dan mendidik anak. Memang dibutuhkan kesabaran dalam menerima kehadiran anak dengan segala kondisinya. Meyakini bahwa mereka sebagai anugerah yang dititipkan kepada kita dan meyakini bahwa kita dalah orangtua pilihan dapat membantu kita untuk ikhlas dan tulus menerima sepenuhnya kondisi buah hati.

  1. Hindari Membandingkan Anak dengan Orang Lain

Anak dengan autisme memiliki kesulitan perkembangan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi sehingga terlihat adanya perbedaan yang ditampilkan dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Maka dari itu jangan membandingkan kondisi ananda dengan anak-anak lainnya. Jangan pernah mengutamakan saudara lainnya dengan kondisi normal hanya karena adanya kekurangan yang dimiliki ananda. Namun rangkulah ananda agar dapat mengalami perkembangan yang lebih baik.

  1. Berikan Perhatian

Walaupun berbeda dengan anak-anak lainnya, anak dengan autisme pun butuh perhatian yang sangat penting karena hal tersebut dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang ananda. Jangan sampai orangtua membiarkan anak dengan autisme tanpa perhatian yang seimbang dengan saudaranya yang lain. Berikan perhatian dengan porsi yang sama dengan saudaranya yang lain.

  1. Meluangkan Waktu bersama Anak

Meluangkan waktu dapat menjadi sarana bagi orangtua untuk mempelajari kondisi pekembangan anak. Kita dapat mengetahui kesulitan apa saja yang dialami anak dan apa yang perlu dilakukan untuk perkembangan anak. Bermain bersama anak dapat membantu melatih motorik anak yang berhubungan dengan tingkat konsentrasi seperti bermain bola, bersepeda, berjalan di taman, membuat prakarya dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips menjadi orangtua hebat bagi anak dengan autisme. Semoga kita sebagai orangtua dapat selalu mendampingi dan  mengusahakan yang terbaik untuk perkembangan anak yang lebih baik.

Penulis: Dicky Age Tresna, S.Pd

Picture: <a href=’https://www.freepik.com/free-photo/family-spending-time-together_856019.htm’>Designed by Pressfoto</a>

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail