Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Disiplin adalah sikap mematuhi dan taat dalam mengikuti peraturan yang ada baik secara tertulis maupun secara lisan. Sebagai orangtua ataupun pendidik, wajib bagi kita untuk menerapkan sikap disiplin kepada anak khususnya anak dengan autisme dikarenakan masih cukup banyak anak berkebutuhan khusus yang belum disiplin dalam menerapkan peraturan yang ada sehingga perkembangannya masih sedikit terhambat.

Bagi orangtua atau guru yang telah menerapkan sikap disiplin sangat tahu pengaruh perkembangan sang anak. Masih banyak orangtua atau guru yang mengalami kesulitan dalam melatih disiplin pada anak dengan autisme, dikarenakan anak dengan autisme cenderung lebih banyak mengerjakan sesuatu berdasarkan keinginannya.  Sebagai orangtua dan pendidik dari anak dengan autisme, tentunya menginginkan mereka untuk mampu menerapkan sikap disiiplin untuk membantu mengembangkan keterampilan sang anak.

Menerapkan sikap disiplin pada anak dengan autisme tentunya tidaklah mudah. Oleh karena itu perlu kerjasama antar anggota keluarga serta guru di sekolah agar penerapan disiplin dapat berjalan dengan sesuai. Selain kerja sama, di butuhkan juga konsistensi dalam menerapkan sikap disiplin pada anak dengan autisme karena bila kita menerapkan peraturan yang akhirnya sering terlupakan akan membuat sang anak merasa kembali bebas dengan aturan mereka sendiri.

Dengan menerapkan disiplin, kita juga dapat melatih sang anak untuk dapat  bertanggung jawab terhadap tugas yang di berikan kepadanya. Dalam melatih disiplin pada anak dengan autisme perlu di perhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Baik buruknya penerapan yang dilakukan

Terkadang kita sebagai orangtua menganggap apa yang kita lakukan untuk anak sudah tentu baik baginya. Namun sebenarnya tidak begitu, karena terkadang kita sudah menerapkan ke disiplinan namun sang anak masih suka melakukan pelanggaran yang telah kita buat. Oleh karena itu perlu di perhatikan kembali apakah peraturan yang dibuat sudah baik bagi kita ataupun sang anak

  1. Jelaskan kepada anak maksud dan tujuan kita membuat aturan.

Terkadang orangtua kerap mendisiplinkan anak tanpa adanya penjelasan terlebih dahulu. Sehingga banyak anak yang menganggap itu sebuah hukuman terlebih bagi anak dengan autisme, mereka perlu diberikan penjelasan yang lebih mendalam dikarenakan anak dengan autisme memerluka pemahaman yang lebih kuat dibandingkan anak lainnya. Kita harus mampu menjelaskan aturan yang dibuat bertujuan untuk mendidik mereka agar dapat bersikap disiplin dan demi kemajuan perkembangan mereka dalam mematuhi peraturan-peraturan yang ada

  1. Berikan contoh

Dalam membuat peraturan dirumah terkadang ada bagian tertentu yang harus kita lakukan bersama. Misalkan untuk jadwal menonotn tv, kita harus sesuaikan dengan kesepakatan yang ada. Jadi semua anggota keluarga yang ada dirumah wajib menonton tv sesuai jadwal yang di tentukan. Jangan ada salah satu anggota keluarga yang menonton tv ketika sang anak sedang dilarang menonton tv. Hal tersebut akan menimbulkan kecemburuan sehingga sang anak akan merasa tidak adil. Jadi usahakan  orangtua atau saudara dari anak dengan autisme mampu meberikan contoh kepada sang anak untuk bersama-sama menjalankan peraturan yang ada

  1. Konsisten dalam menerapkan disiplin

Hal ini merupakan yang paling penting, karena jika peraturan sudah ada namun kita tidak dapat menjalankannya secara konsisten maka hasilnya akan sia-sia. Anak akan kembali bersikap menurut keinginannya saja. Ditambah jika tidak adanya konsekuensi bagi anak. Mereka akan cenderung melakukan pelanggaran yang dianggap tidak ada timbal baliknya.

Dari beberapa hal diatas, cara mudah yang dapat dilakukan adalah dengan membuatkan jadwal untuk  anak agar kegiatan sehari-harinya lebih disiplin, seperti membuat jadwal makan, jadwal menonton tv, jadwal bermain, jadwal belajar, jadwal tidur, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Penulis: Dicky Age Tresna, S.Pd

Picture: <a href=’https://www.freepik.com/free-vector/international-autism-day-background-with-a-child_844566.htm’>Designed by Freepik</a>

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail