Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Berenang merupakan olahraga yang dapat dilakukan oleh semua kalangan usia. Bahkan saat ini sudah banyak sekolah atau kursus berenang untuk para bayi. Artinya, berenang sangat bagus dilakukan sejak dini. Berenang terbukti memberikan manfaat fisik yang banyak untuk anak seperti mengencangkan otot, merangsang pertumbuhan tulang dan membakar lemak, berenang juga memiliki manfaat psikologis untuk anak, diantaranya:

1.Meningkatkan perkembangan mental

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Robyn Jogersen dari Universitas Griffith di Australia pada tahun 2013, sebanyak lebih dari tujuh ribu anak yang diajarkan berenang menunjukkan perkembangan fisik dan mental yang bagus. Di dalam penelitian dipaparkan bahwa renang dapat mengasah kemampuan verbal, kognitif, sosial dan pemahaman arah yang mana akan merangsang perkembangan otak dan kecerdasan lebih lanjut

2. Mengembangkan rasa percaya diri

Sebelum mengenali berenang anak cenderung takut terhadap air. Hal ini wajar dialami oleh anak saat pertama kali berenang. Untuk mengatasi ketakutannya orangtua dapat memberi keyakinan dan contoh bahwa dengan berenang anak akan tetap baik-baik saja. Ajak anak untuk merasakan pengalaman tersebut secara langsung. Anak yang berhasil mengatasi rasa ketakutannya sendiri akan meningkatkan rasa percaya diri dan harga dirinya (self-esteem). Peningkatan rasa percaya diri dan harga diri ini lah yang akan membantu anak untuk menanamkan sikap positif pada olahraga atau aktivitas fisik lain di kemudian hari.

3. Meningkatkan kemampuan sosial

Meskipun renang merupakan olahraga yang dilakukan secara individu, renang juga memberikan manfaat untuk meningkatkan kemampuan anak dalam bersosialisasi. Orangtua dapat mengajak anak berenang di kolam renang umum atau dimanapun yang banyak pula anak sesusianya. Disini anak akan menikmati asyiknya berinteraksi dengan anak-anak lain dengan bertukar informasi tentang hobi atau kesamaan.

4. Menghilangkan stress

Berenang adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres. Berdasarkan penelitian ilmiah, berenang dapat meningkatkan hormon endorphin, yaitu hormon yang dapat menimbulkan rasa senang, tenang dan mood yang baik. Oleh karena itu berenang dapat menjadi kegiatan alternatif yang dapat dilakukan  anak dan orangtua di hari libur untuk menghilangkan kepenatan setelah aktivitas yang padat.

Semoga bermanfaat. Happy parenting 🙂

Penulis: Amelia Ajrina, S.Psi

Picture: <a href=’https://www.freepik.com/free-photo/little-swimmer-in-the-pool_1181371.htm’>Designed by Welcomia</a>

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail