Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Junior Explorer merupakan kegiatan bermain yang diadakan di ruang terbuka  (outdoor) serta diperuntukkan bagi anak – anak dengan beragam tingkat usia. Tujuan dari aktivitas  outdoor yang dilakukan oleh junior explorer adalah  sebagai alternatif kegiatan bagi anak yang dapat memberikan berbagai stimulasi  dari lingkungan sekitar dan melatih kecerdasan motorik. Selain itu, melalui  kegiatan ini anak dapat melatih kemampuan sosialisasi,  kerja sama, dan kemandirian.

Hari sabtu tanggal 26 Agustus 2017 Klikpsikolog mengadakan kegiatan junior explorer di Taman Rusa Gedung MPR, DPR, RI. Disana  peserta bertemu dengan kakak – kakak pendamping, teman – teman, dan adik – adik lainnya. Pertama – tama kakak – kakak pendamping membagikan kelompok terlebih dahulu, kali ini peserta yang ikut cukup banyak loh!  Setelah semua peserta mendapatkan kelompoknya, kami pergi ke tempat yang sudah ditentukan. Tempat yang pertama adalah, kandang rusa disana peserta diperbolehkan untuk memberi makan rusanya, lalu di tempat kedua peserta melihat air mancur, disana peserta foto bersama di depan air mancur dan juga di atas tangga yang tinggi. Dan  di tempat terakhir,  peserta foto bersama  di depan gedung yang bertuliskan “Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat”, dan juga di depan gedung Dewan Perwakilan Daerah. Dari tempat satu ke tempat lainnya peserta berpegangan tangan dan menyanyikan lagu kesukaannya mereka masing – masing.

Kegiatan seru yang terakhir adalah peserta bermain game berkelompok. Game yang pertama adalah estafet bola menggunakan kertas. Peserta diajak untuk mengambil bola yang ada di dalam kertas yang digigit oleh teman satu regunya dengan menggunakan kertas yang digigit juga, peserta yang terakhir bertuga memasukkan bola menggunakan kertas yang digigit kedalam tas yang sudah disediakan. Di game kedua peserta harus mencari pasangan. Setelah mendapatkan pasangan peserta harus menaruh kelereng di atas kertas dan membawanya ke garis finish dengan cara mengigit kertas dan menjaganya agar kelereng tidak jatuh.

Sebelum pulang peserta mendapatkan pin baru dari kakak – kakak junior explorer.  Pin ini bagian dari pin koleksi yang hanya dimiliki Junior Explorer. Dan kami juga foto bersama satu kelompok.

  Yang bisa peserta pelajari dari kegiatan ini adalah ketika kita sedang bermain kita harus selalu bergantian tidak boleh merebut, harus selalu membantu satu sama lain, dan peserta bisa mendapat teman baru selain itu juga pengalaman baru. Peserta tampak senang sekali bisa ikut acara junior explorer ini. Tidak perlu ada keraguan untuk mengikuti kegiatan junior explorer ini deh!

30 September sampai 1 Oktober, Junior Explorer akan pergi camping.. Ikutan yuk!

Penulis: Divani Zalika Gatam (Siswa Homeschooling Sekolahku)

Instagram: @divani2016
Path: Divani Zalika Gatam
Email:  divani092016@gmail.com

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail