Homeschooling Sekolahku

Homeschooling Sekolahku

Homeschooling Sekolahku merupakan salah satu alternatif pendidikan yang mengedepankan adanya fleksibilitas waktu dan tempat belajar bagi anak. Anak bisa belajar dimanapun dan kapanpun.

Dalam Homeschooling Sekolahku, kegiatan pembelajaran diintegrasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga anak menjadikan kegiatan belajar sebagai aktivitas yang menyenangkan, dan tidak lagi menjadi beban.

Homeschooling Sekolahku meyakini bahwa setiap anak istimewa, mereka memiliki potensi yang harus dikembangkan melalui sistem pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya.

Oleh karena itu, Homeschooling Sekolahku menyediakan IEP (Individualized Education Program) bagi setiap anak, yang disusun berdasarkan hasil evaluasi psikologis oleh Psikolog, evaluasi akademis oleh Pedagog, dan hasil konsultasi dengan orang tua, sehingga pembelajaran anak lebih terintegrasi dan dapat mengoptimalkan potensi dalam diri anak.

Dalam pelaksanaannya, Homeschooling Sekolahku menekankan adanya keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak. Namun, jika orang tua merasa perlu bantuan, Homeschooling Sekolahku juga menyediakan guru yang akan mendampingi anak dalam proses belajar.

Visi

Misi

  • Sebagai salah satu alternatif sistem pendidikan yang berkualitas, menyediakan program pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan anak, kemampuan anak, dan tujuan pembelajaran dalam keluarga, serta mengedepankan adanya fleksibilitas waktu dan tempat belajar anak.
  • Menyediakan kurikulum individual (IEP), yang dalam penyusunannya didasarkan pada evaluasi psikologis, evaluasi akademis, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai orang tua.
  • Menciptakan suasana belajar dan metode belajar yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan anak, gaya belajar anak, serta kekuatan atau keterbatasan yang dimiliki setiap anak.
  • Mewujudkan fleksibilitas waktu, tempat, dan materi belajar untuk anak.
  • Membantu orang tua untuk menjadi pendidik utama bagi anak.

Sistem Belajar

a. Homeschooling Mandiri
Kegiatan belajar Homeschooling mandiri bisa dilakukan oleh orang tua, atau dengan bantuan guru (bila perlu). Homeschooling Sekolahku membantu menyiapkan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan anak, melakukan evaluasi psikologis dan akademis anak, dan melakukan pendampingan kepada orang tua selama periode pembelajaran.

b. Homeschooling Komunitas
Homeschooling Komunitas terdiri dari 5-10 keluarga yang melakukan sistem pendidikan homeschooling. Homeschooling Sekolahku menyusun kurikulum pendidikan dan melakukan evaluasi psikologis serta akademis dalam setting komunitas. Dalam pelaksanannya, anggota bisa melakukan sharing dan diskusi dengan anggota lain, serta dapat melakukan kegiatan secara bersama-sama.

c. Homeschooling Jarak jauh
Homeschooling Jarak Jauh merupakan layanan dari Homeschooling Sekolahku bagi mereka yang tempat tinggalnya jauh dari kantor Homeschooling Sekolahku namun ingin menerapkan sistem Homeschooling. Pelayanan (observasi dan evaluasi) Homeschooling Jarak jauh ini dilakukan secara online.

Prosedur pendaftaran

Profil Homeschooling Sekolahku Team

Listiyani Wahyuningsih, S.Psi
Listi adalah lulusan Psikologi dari Universitas Indonesia. Sebelum bergabung dengan Homeschooling Sekolahku, Listi berpengalaman sebagai konselor Anak dan Remaja di Yayasan Kita dan Buah Hati. Saat ini, listi menjadi guru sekaligus administrator di Homeschooling Sekolahku.

Irfan Setiawan, S.Pd
Irfan Setiawan, adalah seorang guru lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar dari Universitas Prof. Dr. Hamka. Saat ini Irfan juga aktif menjadi relawan pengajar di rumah belajar kita, menjadi pengurus Good Life Society, guru pendamping (Shadow Teacher) Anak Autis, dan pengajar kelas vokasional di Homeschooling Sekolahku.

Dicky Age Tresna, S.Pd
Dicky Age Tresna adalah seorang guru lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muara Bulian. Dicky berpengalaman menjadi shadow teacher dari anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Alam dan Sains, Cibubur-Jakarta, guru kelas Autis di Sekolah Khusus Autis Harapan Utama Ananda, Depok, dan saat ini menjadi guru di Homeschooling Sekolahku.

Eni Rosintan, S.Pd.I
Eni Rosintan adalah seorang guru lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Ia berpengalaman sebagai tutor di Kumon, menjadi terapis ABK di Klinik Tumbuh Kembang Al Mufti, dan juga guru pendamping ABK TK dan SD. Saat ini Ros aktif menjadi guru dan staff kurikulum di Homeschooling Sekolahku.

Nelli, S.Pd
Nelly adalah seorang guru di Homeschooling Sekolahku, lulusan S1 Pendidikan Bahasa Indonesia dari Universitas Jambi. Nelly pernah menjadi menjadi guru di SMA Harapan Batam. Saat ini Nelly aktif menjadi guru di Homeschooling Sekolahku.